Gara-Gara Hantu Lingkaran

Ya, gara-gara “hantu” berujud lingkaran itulah akhirnya saya menulis buku ini. Tapi, sabar dulu, bukunya belum selesai.. sekarang masih dalam penyusunan. Berikut adalah beberapa bab pertama yang telah saya tulis:

1. Misteri-Lingkaran-Mulai-Menghantui

2. Pythagoras-Membuka-Jalan

3. Antiphon-dan-Eudoxus-Turun-Tangan

4. Jasa-Besar-Euclid

5. Archimedes-Bergelut-dengan-Lingkaran

6. Menguak-Misteri-Bilangan-Pi

Penasaran dengan bab-bab selanjutnya? Kunjungi http://personal.fmipa.itb.ac.id/hgunawan/notes-in-mathematics/

H. Gunawan, 18-07-2014

2 Comments

  1. Reblogged this on Proof { } and commented:
    Salah satu mimpi saya adalah menulis buku matematika populer, yaitu buku matematika tetapi bukan buku pelajaran atau buku teks yang ditulis secara nge-pop, renyah mudah dipahami oleh orang awam. Kalau kita tengok Amzon.con, sudah banyak buku-buku seperti itu tentu saja berbahasa Inggris.
    Sejauh yang saya tahu jarang atau bahkan belum ada orang Indonesia yang menuliskaan buku seperti itu, kalaupun ada hanyalah terjemahan. Ah… betapa senangnya ada seorang Guru besar Matematika menjadi pelopor penulisan buku Matematika Populer.
    Semoga saya bisa segera mengikuti Jejaknya πŸ™‚

  2. Selamat malam pak, saya Rachmadio mahasiswa baru STEI ITB 2014. Jadi begini pak, meskipun saya berada di fakultas STEI, saya sangat tertarik untuk belajar secara mendalam tentang matematika, karena menarik dan saya sadar matematika merupakan hal yg penting untuk kedepan. Oleh karena itu, saya ingin bertanya, bagaimana saya bisa mendalami matematika secara mandiri? Adakah suatu website atau hal pendukung lainnya agar saya bisa belajar secara mandiri? Selain itu, beberapa bulan yang lalu saya melihat di twitter tentang buku yg menarik saya, yaitu “Love and Math: The Hidden Reality” karya Pak Erdward Frenkel. Saya tertarik ingin membaca buku matematika non textbook seperti buku Love and Math tadi. Adakah buku yang bapak recommend selain buku Love and Math itu? (Buku yang sejenis Love and Math) Lalu, dimanakah di Bandung ini saya bisa mendapatkan buku-buku tersebut? Mohon maaf sebelumnya jika saya banyak bertanya, namun saya tertarik dengan matematika dan ingin mendalaminya. Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan untuk bapak, semoga bapak membalas pertanyaan saya. Terima kasih banyak atas bantuannya, sukses terus, Pak πŸ™‚

Leave a Reply

